8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah - Vizitrip Blog
160
post-template-default,single,single-post,postid-160,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak diantara lempeng tektonik. Hal ini membuat Indonesia memiliki 129 gunung berapi aktif yang tersebar secara merata. Tak heran negara yang dijuluki dengan seribu pulau ini juga memiliki gunung – gunung dengan lanskap sunrise dan sunset yang sangat indah. Simak kompilasi gunung – gunung di Indonesia dengan lanskap sunrise terindah berikut ini!

Kenapa kamu harus mencoba sunrise trekking?

Aktivitas mendaki gunung mungkin akan terdengar sulit dan asing bagi traveller yang gemar mengunjungi pantai daripada gunung. Untuk memulai mendaki, kamu bisa memilih bukit atau gunung yang memiliki jalur pendakian yang mudah.

Nikmati indahnya pertunjukan lokal semesta dengan latar belakang pegunungan dan danau. Perjalanan saat kamu mendaki akan terbayarkan dengan pemandangan lembah yang diselimuti kabut dan cahaya oranye kemerahan saat matahari mulai terbit.

Berikut gunung – gunung di Indonesia yang memiliki sunset terbaik. Yuk keluar dari zona nyamanmu!

Gunung Agung – Bali

Gunung Agung diklaim memiliki pemandangan matahari terbit paling indah di ketinggian 3.142 mdpl. Rumah para dewa yang dinobatkan sebagai puncak tertinggi kelima di Indonesia ini memang memiliki trek yang cukup menantang, jika kamu pendaki pemula, kamu bisa memulai berburu matahari terbit di gunung Batur yang tidak lebih tinggi dari gunung Agung.

Terdapat dua rute yang berbeda yaitu Pura Pasar Agung dengan ketinggian 2000 mdpl dan Pura Besakih yang paling tinggi yaitu 3.030 mdpl. Jika kamu memilih Pura Pasar Agung, trek yang akan kamu lewati tidak terlalu sulit dibandingkan dengan rute Besakih. Rute Pasar Agung  lebih pendek membutuhkan waktu 4 – 5 jam, sedangkan rute Besakih membutuhkan waktu hingga 5 – 6  jam. Kamu akan melewati hutan kemudian mendaki bebatuan untuk menuju puncak. Begitu matahari telah terbit, kamu akan melihat indahnya pulau Bali dan pulau – pulau kecil disekitarnya. Walaupun berbeda, namun dua – duanya menawarkan keindahan lanskap yang worth it banget!

Best time to visit:

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Agung adalah di musim kemarau, saat tidak ada upacara adat di kedua pura tersebut.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Gunung Bali

BLOG BUTTON 2

Punthuk Setumbu – Jogja

Bukit yang terletak di Magelang provinsi Jawa Tengah ini terletak 4 km dari candi Borobudur dengan ketinggian 400 mdpl. Diklaim memiliki spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Jawa Tengah, bukit ini menyajikan matahari terbit diantara lautan kabut. Dengan latar belakang candi Borobudur, gunung Merapi dan gunung Merbabu, tentunya pemandangan ini tidak akan kamu dapatkan dimanapun.

Kamu membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk sampai ke bukit ini. Dengan jalan setapak yang nyaman dan trekking yang ringan selama 10 – 20 menit. Waktu terbaik untuk melihat sunrise adalah pukul 5.30 pagi, namun jika kamu tidak beruntung untuk mendapatkan sunrise, pemandangan candi Borobudur yang diselimuti kabut tentunya merupakan pemandangan yang mistis. Pemandangan candi Borobudur yang seakan – akan melayang di lautan awan ini menjadi alasan mengapa bukit ini dijuluki sebagai a home to nirwana sunrise.

Best time to visit:

Waktu terbaik untuk mengunjungi Punthuk Sethumbu adalah di musim kemarau pada bulan Juni – Agustus.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Punthuk Setumbu Jogja

BLOG BUTTON 2

Gunung Bromo – Jawa Timur

Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru provinsi Jawa Timur. Nama Bromo sendiri diambil dari bahasa Jawa, yaitu dewa Brahma. Destinasi yang masuk menjadi 10 gunung berapi terbaik ini memiliki daya tarik yang terletak di keindahan kawah diantara lembah yang mengelilinginya dan tentunya the famous sunrise.

Dengan ketinggian 2329 m, gunung berapi aktif  yang terletak di tengah – tengah lembah ini memiliki lokasi terbaik untuk melihat matahari terbit, yaitu puncak gunung Pananjakan dengan ketinggian 2.770 m. Kamu akan melihat matahari terbit dengan latar belakang gugusan gunung yang mengeluarkan asap, diantaranya adalah gunung Semeru, gunung Bromo, gunung Batok dan gunung Widodaren. Untuk menuju gunung Pananjakan, kamu harus melewati lautan pasir untuk kemudian menaiki tangga puncak Pananjakan selama 15 – 20 menit.

Best time to visit:

Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Bromo adalah bulan kesepuluh, atau dalam bahasa Jawa, yaitu Kesada. Konon katanya, gunung yang dianggap suci bagi suku Tengger ini dipercaya menjadi tempat berkorbannya sang pangeran. Setiap bulan Oktober, diselenggarakan festival di kawah gunung Bromo yang diselenggarakan oleh suku Tengger untuk melemparkan sesajen berupa sayuran, ayam dan uang ke kawah.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Gunung Bromo

BLOG BUTTON 2

Gunung Batur – Bali

Bali bukan melulu mengenai pantai dan riuhnya kawasan Bali Selatan. Pulau yang berada di cincin api ini memiliki banyak gunung api. Dua diantaranya yaitu gunung Agung dan gunung Batur yang tersohor hingga mancanegara. Terletak di Kintamani, 2 jam dari Denpasar, gunung Batur sendiri adalah gunung berapi yang masih aktif dan diklaim menjadi favorit para pendaki pemula karena hanya dibutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk sampai ke puncak.

Walaupun jalan menuju puncak adalah tanah terjal dan berbatu, trek gunung Batur bisa dibilang tidak sesulit gunung Agung dan dapat digunakan untuk belajar mendaki. Ketika matahari mulai turun, kamu akan melihat semburat oranye di birunya langit dengan siluet gunung Agung dan danau Kintamani.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Gunung Batur

BLOG BUTTON 2

Bukit Sikunir Dieng – Jawa Tengah

Bukit dengan ketinggian 2463 mdpl ini terletak di desa Sembungan, Jawa Tengah. Untuk menuju desa tertinggi di pulau Jawa ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Wonosobo. Dari desa Sembungan menuju puncak bukit, untuk menaiki anak tangga dibutuhkan waktu selama 20 – 30 menit.

Diklaim sebagai salah satu bukit terindah di dunia, Bukit Sikunir menawarkan keindahan matahari terbit diantara gunung Dieng yang diselimuti awan. Kamu bisa melihat gunung kembar yaitu Sindoro dan Sumbing, gunung Merapi dan gunung Merbabu. Golden Sunrise yang ada di bukit ini menduduki peringkat ke-5 sunrise terbaik di Asia Tenggara, lho!

Waktu terbaik: Waktu terbaik untuk mengunjungi Bukit Sikunir adalah di musim kemarau pada bulan Juni – Agustus agar kamu dapat melihat matahari dengan sempurna. Walaupun golden sunrise biasanya akan muncul di akhir bulan Desember hingga awal Januari.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Bukit Dieng

BLOG BUTTON 2

Gunung Ijen – Jawa Timur

Selain pesona keindahan blue fire, pemandangan matahari terbit di Ijen tidak boleh dilewatkan begitu saja. Untuk menuju danau kawah terbesar di Indonesia ini, kamu membutuhkan waktu 1 – 1,5 jam dari Banyuwangi. Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl di perbatasan Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi ini menawarkan keindahan matahari terbit dengan langit biru semburat oranye di balik kawah gunung Ijen.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Gunung Ijen

BLOG BUTTON 2

Danau Kelimutu – Nusa Tenggara Timur

Selain memiliki keindahan pantai – pantai tersembunyi, Ende juga terkenal dengan Danau Kelimutu, konon dikenal sebagai tempat arwah pendahulu bersemayam. Danau yang tersohor dengan warna yang selalu berganti – ganti. Danau yang dijuluki sebagai the boiling lakes ini dipercaya sebagai tempat sakral yang memberikan kesejahteraan bagi penduduk setempat. Untuk pendaki pemula, destinasi ini dapat digunakan sebagai permulaan.

Untuk menuju puncak, kamu membutuhkan waktu sekitar 20 – 30 menit menaiki tangga dan jalan menanjak yang cukup curam. Saat matahari mulai terbit, kamu akan melihat matahari dengan latar belakang tiga kawah yaitu Tiwu Ata Mbupu yang berwarna hitam, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang berwarna biru dan Tiwu Ata Polo yang berwarna coklat. Setiap kawah tentunya memiliki legenda masing – masing yang tentunya menarik jika ditelusuri. Tiwu Nuwa Muri Koo Fai sendiri paling aktif, diantara 2 danau yang lain. Perubahan warna ini disebabkan oleh kandungan mineral yang ada di danau volkano ini. Selain itu, indahnya perbukitan di sekeliling kawah menambah indahnya matahari terbit yang magis.

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Danau Kelimutu

BLOG BUTTON 2

Gunung Rinjani – Nusa Tenggara Timur

Gunung api ini menduduki peringkat kedua gunung tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 3.726 mdpl, terdapat beberapa jalur pendakian yaitu Sembalun, Senaru, Timba Nuh, dan Torean. Namun, jika kamu ingin melewati trek yang mudah, pilih jalur Sembalun untuk menyambut mentari pagi di puncak Rinjani yang membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Walaupun membutuhkan waktu hingga 3 – 4 hari  gunung berapi yang masih aktif ini menyajikan pemandangan pesisir Lombok dengan Gili atau pulau – pulau kecil di sekelilingnya dan megahnya gunung Agung. Ketika matahari mulai naik, kamu seakan berada di negeri atas awan!

8 Gunung di Indonesia dengan sunset terindah: Gunung Batur

BLOG BUTTON 2

Jika kamu tertarik dengan open trip ke gunung, klik disini!

 

 

Tags:
No Comments

Post A Comment