Kota Kinabalu, Malaysia: A Wildlife Adventure! - Vizitrip Blog
1146
post-template-default,single,single-post,postid-1146,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
mendaki gunung Kinabalu, Malaysia

Kota Kinabalu, Malaysia: A Wildlife Adventure!

Siapa sih yang ngga kenal sama Malaysia? Yup! Kita sebagai rakyat Indonesia dikenal sering bersinggungan nih sama negara yang satu ini. Eits, tapi jangan salah, tidak jauh berbeda dari Indonesia, Malaysia juga punya keindahan alam yang sangat menakjubkan! Malaysia bukan hanya melulu tentang Twin Tower di KL lho, Vizitors. Kali ini, Viziteam akan ngajakin kamu berpetualang ke Kota Kinabalu yang terletak di ‘kepala burung’ pulau Kalimantan!  Uniknya, pulau yang dihuni oleh penduduk dari 3 negara berbeda; Malaysia, Brunei dan Indonesia ini memiliki gunung paling tinggi se-Asia Tenggara! Kota Kinabalu ini tersohor dengan wildlifenya yang masih asri. Ngga hanya itu, masih banyak lagi keunikan Kota Kinabalu. Yuk simak kompilasi aktivitas di Kota Kinabalu, Malaysia ala Vizitrip!

Gunung Kinabalu Rock Climbing

Awali harimu dengan mendaki gunung Kinabalu. Gunung Kinabalu merupakan salah satu bagian dari Kinabalu Park, World Heritage Site UNESCO yang di dalamnya terdapat 4.500 spesies flora dan fauna. Bagi masyarakat KadasanDusun, gunung Kinabalu merupakan tempat yang suci yaitu tempat bersemayamnya roh yang sudah tiada. Nah, untuk waktu pendakiannya sendiri, biasanya membutuhkan waktu selama 2 hari 1 malam. Setap tahunnya, ada lebih dari 50,000 orang yang mendaki gunung yang memiliki ketinggian 4,095 m ini, baik orang dewasa maupun anak kecil. Gunung Kinabalu ini memiliki batu granit hingga ke puncak, kamu harus ‘merayap’ menggunakan tali yang berujung di puncak. Untuk sampai di puncak, kamu harus melewati 4 pos. Tidak ada salju di puncak, jadi cukup hangat. You want to try this? Cantik banget kan lanskap dari atas sini!

Di kota Kinabalu sendiri, kamu dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah seperti Kota Kinabalu City Mosque yang terapung dan Signal Hill Observatory Platform yang dapat menampilkan keindahan kota Kinabalu di ketinggian. 

sunrise di gunung Kinabalu

Cruising di hutan mangrove

Kehidupan wildlife di Borneo terkenal sangat unik, apalagi di Kota Kinabalu. Kamu bisa menjelajahi hutan dan bertemu dengan berbagai jenis binatang seperti monyet, burung dan gajah layaknya di film – film petualangan! Untuk menoca aktivitas ini, kamu bisa mengunjungi Klias Wetlands. Jika kamu datang di saat senja, kamu bisa melihat kunang – kunang. Cantik, kan?

menjelajahi mangrove di Klias Wetlands

Immerse yourself in local’s lifestyle

Ngga afdol rasanya jika saat liburan ke luar negeri, kamu ngga dateng ke desa tradisional untuk menyaksikan gaya hidup penduduk lokal. Di Mari Mari sendiri, kamu dapat mempelajari budaya dan tradisi suku Borneo sejak jaman dahulu saat masih tinggal di hutan dan berburu.

suku Borneo berburu di Mari Mari Cultural Village

via benrozinn

suku Borneo berburu di Mari Mari Cultural Village

via outback adventure

Mengunjungi Pusat Rehabilitasi Orang Utan di Sepilok, Sabah

Konsep eco-tourism yang diusung oleh Kota Kinabalu ini menarik untuk dikunjungi lho Vizitors! Selain liburan, kamu telah menyumbang dana bagi pengembangan rehabilitasi lingkungan. Beberapa aktivitas yang dapat kamu nikmati diantaranya bersepeda, mendayung kayak hingga jelajah hutan. Kamu juga bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Mulu yang punya kombinasi pemandangan yang keren banget! Ada pegunungan batu kapur, tebing,  rawa – rawa hingga gua yang berujung ke air terjun ‘surga’. Nah di Pusat Rehabilitasi Orang Utan sendiri, kamu bisa mengamati gimana sih orang utan hidup di habitat aslinya.

orang utan di Pusat Rehabilitasi Orang Utan di Sepilok, Sabah

Island hopping di Taman Nasional Tunku Abdul Rahman

Taman Nasional ini terdiri dari 5 pulau, diantaranya adalah pulau Gaya, Sapi, Manukan, Sulug dan Mamutik. Kamu hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Kota Kinabalu. Bahkan, di pulau Gaya, kamu bisa hiking di hutan hujan tropis dan snorkelling di Police Bay. Pantai – pantai ini masih tergolong sepi banget lho, Vizitors! Ngga kalah sama pantai – pantai di pesisir Australia, kan?

pantai kota Kinabalu Taman Nasional Tunku Abdul Rahman

Tags:
No Comments

Post A Comment