6 Aktivitas unik di gunung Bromo - Vizitrip Blog
1252
post-template-default,single,single-post,postid-1252,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
jeep di savana bromo

6 Aktivitas unik di gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru provinsi Jawa Timur. Nama Bromo sendiri diambil dari bahasa Jawa, yaitu dewa Brahma. Destinasi yang masuk menjadi 10 gunung berapi terbaik ini memiliki daya tarik yang terletak di keindahan kawah diantara lembah yang mengelilinginya dan keindahan matahari terbitnya. Apa aja sih aktivitas unik di Bromo ala Vizitrip? Yuk simak!

Sunrise hunting 

Salah satu aktivitas utama yang menjadi favorit wisatawan adalah sunrise hunting. Dengan ketinggian 2329 m, gunung berapi aktif yang terletak di tengah – tengah lembah ini memiliki salah satu lokasi terbaik di dunia untuk melihat matahari terbit, yaitu puncak gunung Pananjakan dengan ketinggian 2.770 m. Nah, untuk waktu terbaik untuk melihat matahari terbit adalah di musim kemarau dari bulan April – Oktober. Matahari mulai terbit pukul 05.00 WIB, jadi kamu harus berangkat dari Surabaya atau Malang tepat tengah malam. Sedangkan jika kamu menginap di hotel, kamu bisa berangkat jam 3 pagi. Sesampainya disana, dari tempat parkir, kamu harus menaiki tangga anak tangga puncak Pananjakan selama 15 – 20 menit. Kamu akan melihat matahari terbit dengan latar belakang gugusan gunung yang mengeluarkan asap, diantaranya adalah gunung Semeru, gunung Bromo, gunung Batok dan gunung Widodaren.

gunung bromo

Milky Way 

Sebelum matahari mulai terbit, saat kamu berada di Pananjakan, kamu akan melihat hamparan langit berbintang. Galaksi Bima Saktinya cantik parah! Biasanya, waktu yang paling tepat untuk melihat galaksi Bima Sakti jatuh pada bulan Februari hingga bulan September. Viziteam saranin, kamu harus bawa jaket tebal dan sarung tangan agar menjaga badanmu tetap hangat karena udaranya dingin banget! Kamu ngga akan sendirian, disini banyak banget wisatawan domestik maupun internasional yang rela nungguin sang surya terbit kok. Ngga cuma galaksi Bima Sakti, kamu juga bisa melihat fenomena alam lainnya jika memang terjadi pas ada kamu disana. Biasanya, ada hujan meteor juga lho! Siapkan kameramu untuk mengabadikan momen ini!

senja di bromo

Pasir Berbisik

Pasir Berbisik ini terletak di bagian timur kawah. Vizitors tau ngga sih, pasir berbisik di Bromo ini merupakan cagar alam yang dilindungi sejak tahun 1919? Lebih mudah untuk mengarungi lautan pasir ini dengan mobil jeep karena jika kamu naik motor, besar kemungkinan kamu akan terpeleset dan terpelosok. Pasir berbisik ini berputar – putar seperti terkena angin. Perlu kamu inget, kamu harus pake masker agar debunya ngga masuk ke mata dan hidung.

pasir berbisik di Bromo

via wintangmumpuni

Savana 

Dari Pasir Berbisik, kamu akan melanjutkan perjalanan ke savana. Salah satu tempat yang magis dan cantik banget! Di seberang Pasir Berbisik, savana yang hijau dan luas ini akan menyambutmu. Kamu membutuhkan waktu 25 menit dari kawah untuk menuju padang rumput yang luas ini. Tidak hanya semak berwarna hijau, ada juga bunga berarna ungu dan kuning. Instagenik banget!

kuda di savana Bromo

Bukit Teletubbies

Berdampingan dengan savana, ada bukit Teletubbies. Kenapa sih dijuluki sebagai bukit Teletubbies? Konon katanya karena bukit – bukit hijau ini menyerupai bukit yang ada di serial televisi Teletubbies. Waktu terbaik untuk mengunjungi bukit ini adalah saat musim hujan karena warna hijaunya semakin terlihat terang.

savana Bromo

Cemoro Lawang 

Setelah puas menyaksikan keindahan bukit Teletubbies dan savana, perjalanan kamu telah berakhir. Cemoro Lawang sendiri merupakan desa yang dihuni oleh suku Tengger. Kamu bisa menginap di desa di atas awan ini, jika kamu ingin memulai petualangan Bromo dengan rute yang berbeda. Beberapa penginapan memiliki pemandangan gunung Bromo, Semeru dan Batok. Dengan suasana desa yang tenang, kamu bisa relaksasi sambil menikmati sunset di jendela penginapanmu!

Tags:
No Comments

Post A Comment