Hutan bawah tanah Gunung Kidul - Vizitrip Blog
1194
post-template-default,single,single-post,postid-1194,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
hutan di dasar Goa Jomblang

Hutan bawah tanah Gunung Kidul

Biasanya, yang bisa ditemuin di bawah tanah cuman peti emas yang berumur ratusan tahun. Tapi, di Gunung Kidul, kamu bisa menemukan hutan dan sungai di kedalaman ratusan meter. Di Yogyakarta sendiri, terdapat beberapa goa yang cukup terkenal. Tiga diantaranya adalah Goa Pindul, Goa Jomblang dan Goa Kalisuci. Ketiganya berada di Gunung Kidul, salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki topografi perbukitan dan gunung kapur. Maka dari itu, banyak terbentuk goa – goa vertikal dan sungai bawah tanah. Ketiganya memiliki ciri khas yang unik. Yuk simak kompilasi aktivitas di goa Yogyakarta berikut ini!

Ngga bisa dipungkiri, Yogyakarta adalah kota yang menyimpan banyak banget cerita. Selain keratonnya, Jl.Malioboro dan pantai Parangtritisnya, ada destinasi – destinasi bersejarah, keramahan penduduk dan keragaman kuliner yang bikin kangen sama Yogyakarta! Tapi pernah ngga sih Vizitors mikir: ‘Kita bisa ngga sih berpetualang di Yogyakarta?’ atau ‘Ada aktivitas outdoor apa sih yang bisa memacu adrenalin di Yogyakarta?’. Tentunya kamu masih bisa berpetualang di Yogyakarta. Nah, salah satu aktivitas yang memacu adrenalin adalah menjelajahi goa dengan cave tubing. Mungkin masih terdengar asing di telinga kamu, tapi aktivitas ini bisa jadi aktivitas seru di Yogyakarta yang anti mainstream! Goa – goa yang sudah terbentuk dari beribu tahun yang lalu ini pantas rasanya jika dijuluki goa purba. Keindahan stalaktit & stalakmit di sekeliling yang dipadu dengan birunya air sungai bawah tanah emang cantik banget! Ngga perlu jauh – jauh ke Turki, Indonesia punya green canyon-nya sendiri! 

Seeing the heaven’s light in Jomblang Cave

Goa Jomblang terletak di provinsi Gunung Kidul. Bedanya gua ini dengan goa – goa  lainnya adalah bentuknya. Bentuknya yang vertikal memberikan siluet cahaya dari atas goa. Nah, uniknya, goa yang telah terbentuk sejak beribu – ribu tahun yang lalu ini terbentuk karena vegetasi dan tanah yang jatuh runtuh yang kemudian membuat lubang secara alami. Dengan kedalaman 90 meter, tentunya kamu harus turun ke dasar gua dengan menggunakan peralatan yang memadai.  Goa Jomblang sendiri terbagai menjadi 3 bagian; sebuah lubang besar dengan di atap, terowongan panjang dan goa Grubog. Kamu bisa melihat dua vegetasi berbeda antara tanah di atas dan bagian bawah gua. Beberapa vegetasi diantaranya adalah tanaman endemik seperti lumut, paku – pakuan dan pohon – pohon besar. Cantik banget ga sih!

Heaven's light Goa Jomblang

Mengarungi sungai bawah tanah di Goa Pindul

Goa Pindul terletak di desa Berjiharjo. Berbeda dengan goa Jomblang, goa Pindul terbentuk oleh kars dan dialiri sungai bawah tanah. Nah, salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan adalah mengarungi sungai bawah tanah tersebut dengan menggunakan ban karet. Rasanya kamu akan berada di dunia yang lain saat kamu mengarungi sungai dengan diiringi suara kelelawar dan batu stalaktit di sekelilingmu! Kegiatan ini disebut dengan cave tubing, aktivitas yang menggabungkan body rafting dan caving. Selain stalaktit, ada juga batu stalakmit, moonmilk dan kristal. Semuanya ini terbentuk oleh proses alami selama beribu – ribu tahun yang lalu lho, Vizitors. Sungai bawah tanah sepanjang 350m dengan lebar 5m ini makin dipercantik dengan langit – langit yang terbentuk dari batu kapur. Selain mengarungi sungai menggunakan ban karet, kamu juga bisa berenang dan loncat dari atas goa dengan ketinggian sekitar 4 – 6m.

cave tubing di Goa Pindul

via goapindul

Arung jerum di goanya perut bumi, Goa Kalisuci

Tahukah kamu bahwa aktivitas cave tubing ini cuman bisa dilakuin di Meksiko, Selandia Baru dan Yogyakarta? Nah, di Indonesia, selain goa Pindul, ada goa Kalisuci inilah dimana kamu bisa melakukan aktivitas ini. Ngga jauh beda dari Goa Pindul, kamu akan menyusuri sungai bawah tanah dengan ban karet. Rasakan sensasi lain saat kamu mulai masuk ke goa yang gelap dan disambut stalaktit diatasmu! Goa yang terletak di desa Pacarejo ini ngga rame, beda sama Goa Pindul. Jeram sepanjang 800m di goa yang memiliki kedalaman 60m ini juga memiliki aliran sungai bawah tanah yang cantik!

cave tubing di Goa Kalisuci

via visitingjogja

Gimana? Penasaran mau nyoba? Jika kamu tertarik dengan aktivitas lainnya di Yogyakarta, klik button di bawah ini!

Tags:
No Comments

Post A Comment