Jangan ngaku hipster kalau belum ke Shimokita! - Vizitrip Blog
568
post-template-default,single,single-post,postid-568,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
Shimokitazawa

Jangan ngaku hipster kalau belum ke Shimokita!

Sudah pernah mengunjungi distrik paling hipster di Jepang?

Jepang memang tersohor dengan kekayaan budayanya yang masih dipertahankan hingga sekarang. Tentunya ada beribu alasan mengapa wisatawan tidak bosan – bosan mengunjungi negara seribu kuil ini. Mulai dari banyaknya bangunan – bangunan bersejarah, festival adat, berbagai jenis kuliner, keramahan masyarakatnya hingga banyaknya pusat perbelanjaan.

Salah satu pusat perbelanjaan di Jepang yang terkenal karena keunikannya adalah Shimokitazawa.  Distrik ini terkenal di kalangan anak muda Tokyo karena banyak banget thrift shop, vinyl stores, dan kafe – kafe artsy yang tentunya instagenik. Nah, untuk menuju Shimokita, kamu hanya perlu melewati dua stasiun dari Shibuya atau Shinjuku.

Dulunya, distrik ini merupakan areal persawahan, lho Vizitors. Setelah perang dunia 2, distrik ini digunakan sebagai pasar barang – barang bekas bagi tentara, yang kemudian terus berkembang hingga sekarang. 

Distrik ini sangat nyaman bagi pejalan kaki. Jangan khawatir Vizitors, walaupun hampir mirip dengan Harajuku, distrik ini lebih tenang dan tidak terlalu padat.

Shimokita diklaim sebagai distrik paling hipster dan paling keren lho! Mau tau kenapa?

Surganya thrift store 

Disini surganya para shoppers! Berbeda dengan mall yang besar dengan berbagai merek terkenal, kamu akan menemukan toko -toko kecil yang  menjual barang – barang vintage dengan harga yang terjangkau!

Kota yang terletak di bagian barat kota Tokyo ini memiliki keunikan yang terletak pada banyaknya vintage shop. Banyak thrift store yang menjual baju secondhand ala 60an dari berbagai belahan dunia, khususnya Jepang dan Amerika. Beberapa barang yang dijual adalah asesoris, jas, jaket dan atasan lainnya. Salah satu toko yang harus kamu kunjungi  adalah Stick Out yang mematok harga mulai dari ¥700 untuk jaket dan flanel. Walaupun mayoritas yang dijual adalah pakaian bekas, kualitasnya masih bagus lho. Maka dari itu, harganya pun standar, dimulai dari ¥200 yen. Namun, tidak hanya baju, toko – toko ini juga menjual sepatu, alat musik, hiasan rumah, toys hingga tas. Siap – siap merogoh kocek ya Vizitors!

Thrift store di Shimakitazawa

Ngopi yuk di kafe yang instagenik! 

Nah selain thrift store, distrik ini juga memiliki banyak kafe yang menjual kopi lezat dimulai dari ¥180. Salah satunya adalah Bear Pond Cafe yang diklaim sebagai salah satu kafe terbaik di Tokyo. Selain itu, ada Frankie Melbourne Espresso yang menyediakan kopi ala Australia yang lezat dan dessert khas negara kanguru. Toko – toko kue disini juga menjual berbagai jenis kue yang unik dari berbagai belahan dunia. Salah satu toko kue yang unik adalah Shiro-Hige Cream Puff Factory. Bagi kamu penggemar studio Ghibli, kamu akan menemui kue – kue bertemakan Studio Ghibli dengan berbagai rasa dan warna disini!

Kafe di Shimokitazawa

Kamu lapar? Jangan khawatir, banyak restoran unik disini! 

Beberapa restoran yang harus kamu kunjungi adalah CITY COUNTRY CITY yang menyajikan pasta dengan mi homemade dan Bio Ojiyan Cafe yang menyajikan bubur dengan berbagai topping. Kamu juga bisa mendapatkan pizza Italia di Don Pizza dengan ¥500 saja! Selain itu, ada Magic Spice Shimokitazawa yang menyajikan ramen dan sup kari khas Sapporo.

Restoran di Shimokitazawa

Live music venues 

Mulai dari 1000 yen, kamu dapat menikmati live music dari band & DJ lokal. Nah, pada Shimokitazawa Music Festival yang jatuh pada bulan Juli, kamu dapat menikmati live music yang ada di setiap sudut kota.

Live venues di Shimokitazawa

via tokyoweekender

Kembali masa lalu dengan membeli Vinyl 

Untuk kamu yang self-proclaimed hipster, kamu bukan seorang hipster jika kamu belum memiliki vinyl. Apa sih serunya mendengarkan musik dari vinyl? Selain kamu akan mendapatkan sensasi yang berbeda dengan mendengarkan musik bukan lewat smartphone atau iPod, vinyl juga dapat dikoleksi sebagai pajangan di rumahmu yang menambahkan kesan vintage. Nah, distrik ini memiliki toko – toko vinyl dengan harga mulai ¥300 lho. Toko – toko yang harus kamu kunjungi adalah Flash Disc Ranch dan Disc Union yang menjual disc – disc baik dari Jepang maupun negara lainnya.

vinyl stores di Shimokitazawa

Banyak street art atau mural yang instagenik 

Mural yang ada di dinding Shimokita tentunya akan menambah cantiknya Instagram feedsmu, kan?

mural di Shimokitazawa

via wikimedia

mural di Shimokitazawa

via wikimedia

Nonton teater Jepang yuk! 

Seorang aktor kawakan Jepang, Kazoo Honda pada awalnya membangun beberapa teater yang kemudian disebut sebagai Honda Gekijo di sekitar Shimokitazawa, nah sejak itu Shimokitazawa menjadi tempat yang digemari masyarakat Jepang saat ingin menyaksikan teater. Distrik ini merupakan komplek yang penuh dengan teater, seperti The Suzunari, Ekimae Gekijo, OFF-OFF, dan masih banyak lainnya! Kamu dapat menonton film pendek karya sutradara muda Jepang dan sutradara animasi kaliber internasional.

Shimokitazawa Theater Festival diadakan selama satu bulan penuh menampilkan pementasan drama di teater – teater kecil jatuh pada bulan Februari.

teater di Shimokitazawa

via tokyocheapo

Best time to visit:

Pada Festival Tengu-matsuri yang jatuh pada awal bulan Februari, kamu dapat menikmati parade yang diikuti oleh orang – orang yang mengenakan kostum makhluk mistis, Tengu.

Kamu tertarik untuk merasakan pengalaman berbeda di Jepang? Lihat koleksi aktivitas lainnya yang tak kalah menarik disini !

Tags:
No Comments

Post A Comment