Kumpulan aktivitas di pulau Derawan - Vizitrip Blog
1279
post-template-default,single,single-post,postid-1279,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
pulau Kakaban

Kumpulan aktivitas di pulau Derawan

Kamu tentunya udah pernah denger tentang Kepulauan Derawan. Ini nih yang Viziteam yakin banget masih akan jadi destinasi yang tren di tahun 2018. Kenapa sih kepulauan Derawan jadi primadona wisatawan mancanegara maupun domestik? Konservasi laut seluas 1,27 juta hektar ini dijuluki sebagai surga tropis yang sempurna karena derawan has it all! Mulai dari pulau-pulau dengan pantai berpasir putih lembut, danau ubur – ubur, hutan, hingga kehidupan bawah laut yang dihuni berbagai biota. Nah, Vizitors tau nggak sih, banyak banget yang ngeklaim bahwa kecantikan kepulauan Derawan ini ngalahin pulau Bali! Yuk simak kompilasi aktivitas di pulau Derawan ala Vizitrip!

Tentang Kepulauan Derawan

Kepulauan yang menjadi destinasi menyelam terbaik ketiga di dunia ini terletak di Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Berau. Kepulauan ini terdiri dari 31 pulau kecil, yang paling terkenal di antaranya adalah pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan Kakaban. Saking kecilnya, kamu bisa mengelilingi pulau – pulau ini dengan berjalan kaki. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanya birunya laut! Pulau Derawan merupakan pulau terkecil, tapi merupakan pulau yang paling maju dan dengan infrastruktur yang paling banyak bagi wisatawan.

Fun Fact, disini lah habitat kura-kura hijau raksasa langka yang terancam punah lho Vizitors. Sedikitnya 15.000 kura-kura betina kembali ke nusantara setiap tahun, sering berenang ribuan kilometer untuk bertelur di pantai tempat mereka menetas. Jadi, jangan heran ya jika kamu melihat kura-kura bertelur di pasir pesisir pantai, persis di depan resortmu! Konservasi penyu hijau yang ada di Derawan ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Konservasi yang terletak di pulau Sangalaki ini melestarikan kura – kura dengan merawat telur hingga menetas kemudian melepaskan kembali bayi kura – kura ini ke laut.

Cara menuju ke Kepulauan Derawan

Dari Jakarta, kamu harus naik pesawat ke Bandara Balikpapan Sepinggan. Setelah itu, kamu akan naik pesawat yang lebih kecil ke Bandara Kalimarau, Berau. Lalu, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Berau dengan mobil selama hampir dua setengah jam. Dari sana, kamu akan naik perahu selama setengah jam ke Derawan.

Snorkelling bersama Manta

Salah satu spot snorkeling terindah di Derawan adalah Pulau Kakaban. Karena keindahan alam yang lestari ini masih terjaga, masih banyak biota laut yang berenang bebas disini. Kamu bisa berenang dengan lumba – lumba dan ikan Manta lho Vizitors! Di Pulau Maratua, ada kolam gua kecil air tawar dengan terowongan gua yang cantik banget! Tapii, yang bikin Maratura tersohor adalah keindahan coral bawah laut yang dihuni oleh Barakuda. Disini merupakan lokasi yang bagus banget buat nemuin spesies hiu yang berbeda, termasuk thresher sharks, eagle rays dan bumphead parrotfish.

Berenang di danau bersama ubur – ubur

Untuk menuju Pulau Kakaban, kamu membutuhkan waktu kira-kira satu setengah jam naik perahu dari Pulau Derawan. Dari dermaga, kamu tinggal jalan aja tuh mengikuti jalan setapak melalui hutan hujan.  Setelah berjalan kaki 10 menit, kamu akan sampai pada jalan setapak terbuka ke dermaga lain yang menuju danau! Danau ubur-ubur ini dulunya merupakan bagian dari lautan namun sudah lama terpisah dan kini dikelilingi oleh hutan mangrove. Hanya ada 3 danau seperti ini di dunia lho Vizitors. Beberapa sumber mengatakan bahwa danau yang tidak ada predatornya ini berevolusi kemudian kehilangan kemampuan sengat mereka. Sumber lain mengatakan bahwa mereka masih bisa menyengat, namun mereka telah berevolusi sehingga tidak lagi berbahaya bagi manusia. Untuk mengunjungi danau ubur – ubur, ada biaya Rp 25000. Ada 4 jenis ubur – ubur nih disini! Gimana, cantik kan?

danau ubur - ubur di pulau Kakaban

via local adventurer

danau ubur - ubur di pulau Kakaban

via style nikkei

Berenang bersama Manta

Di Sangalaki, ada beberapa spot yang dihuni banyak banget manta ray. Walaupun ngga ada jaminan mereka akan muncul, kamu masih bisa nemuin Manta kok. Nggak cuman Manta, Sangalaki juga memiliki keindahan bawah laut yang cantik banget!

snorkelling bersama penyu di pulau Sangalaki

Tags:
No Comments

Post A Comment