5 Aktivitas Unik Di Ubud - Vizitrip Blog
80
post-template-default,single,single-post,postid-80,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive
Aktivitas unik di Ubud: Beberapa pria mengikuti ritual penyucian diri di Tirta Empul

5 Aktivitas Unik Di Ubud

Kompilasi aktivitas unik di Ubud

Bali merupakan daerah yang memiliki jumlah penganut agama Hindu paling besar se-Indonesia. Oleh karena itu, agama Hindu banyak mempengaruhi gaya arsitektur bangunan dan kebiasaan masyarakat. Walaupun mungkin seringkali anda mengunjungi Bali karena keindahan pantainya, yuk coba pengalaman berbeda dengan merasakan kentalnya budaya Hindu di Ubud sekaligus mengetahui lokasi pembuatan film Eat, Pray, Love! Simak kompilasi aktivitas unik di Ubud berikut ini!

Tentang film Eat Pray Love

Film Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Roberts telah mendulang kesuksesan yang sangat besar pada tahun 2010. Diangkat dari novel dengan judul yang sama, film ini menceritakan mengenai petualangan Elizabeth Gilbert, sang penulis, dalam mencari ketenangan dalam hidup ke 3 negara yang berbeda. Dalam film tersebut, beberapa lanskap khas Bali, nilai – nilai kultural, hingga pengambilan frame yang detil digambarkan sedemikian rupa sehingga penonton dapat merasakan suasana Bali yang sesungguhnya. Tak heran, keindahan Bali dengan segala adat istiadat yang dianut masyarakatnya telah menjadi daya tarik tersendiri di hati para wisatawan mancanegara maupun domestik. Rasanya memang pantas jika Bali adalah tempat terakhir ketika akhirnya sang tokoh utama menemukan ketenangan yang selama ini ia cari.

Meramal masa depanmu di Rumah Ketut Liyer

Apakah anda sudah pernah mengunjungi rumah milik Ketut Liyer yang berada di Jl. Raya Pengosekan, Ubud? Ketut Liyer adalah guru spiritual Elizabeth, sang tokoh utama dalam mencari guidance dalam hidupnya. Walaupun Ketut Liyer telah tiada, kegiatan ini masih dilanjutkan oleh anaknya. Healer akan membaca telapak tangan anda dan mulai meramal.  Menarik, kan?

Ikuti ritual purification Tirta Empul

Lokasi kuil air yang tidak jauh dari Ubud ini dibangun sebagai persembahan bagi dewa air, dewa Wisnu. Anda hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Ubud utara untuk menuju desa Tampak Siring dengan menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Nah, sebelum memasuki kuil, anda harus mengenakan pakaian adat terlebih dahulu. 

Kompleks candi yang konon diciptakan oleh dewa Indra ini memiliki 4 area. Salah satunya adalah kolam pemandian utama dipercaya memiliki air suci yang dapat membawa keberuntungan dan kesehatan. Sebelum berendam di kolam dengan 30 mata air ini, biasanya umat Hindu harus berdoa terlebih dahulu di candi utama. Pengunjung akan didampingi oleh guide saat proses penyucian berlangsung.

Aktivitas unik di Ubud: Gerbang Tirta Empul

Aktivitas unik di Ubud: Beberapa pria mengikuti ritual penyucian diri di Tirta Empul

Belanja murah di Pasar Tradisional Ubud

Pasar ini terbagi menjadi dua wilayah yaitu pasar seni dan pasar tradisional. Pedagang di Pasar Tradisional yang terletak di sebelah timur menjajakan barang kebutuhan sehari – hari seperti bumbu dapur, sayurmayur dan buah – buahan. Tentunya pasar ini menawarkan lanskap penuh warna, suasana pasar yang bersih diantara bangunan ala Bali dan sesajen di setiap ujung pasar.

Salah satu elemen penting dalam mengunjungi suatu destinasi wisata adalah membeli suvenir handmade khas lokal, bukan? Nah, para pedagang di bagian barat menjual berbagai hiasan rumah dan suvenir tradisional plus religius khas Bali dengan harga terjangkau. Diantaranya adalah tas dari anyaman bambu, lukisan, patung, topi pantai, sandal, alat musik tradisional, layang – layang dan masih banyak lagi! Belanja tidak perlu mahal!

Aktivitas unik di Ubud: Tas rotan di pasar kesenian Ubud

Menikmati indahnya Tegalalang

Ubud juga memiliki areal persawahan yang terkenal hingga mancanegara. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan areal ini, kan? Ikon Indonesia ini biasanya ada di lukisan, kartu pos, iklan televisi, hingga film. Terasering Jatiluwih terkenal dengan kemiringan lereng yang menampilkan hamparan sawah rapi dihiasi dengan pohon kelapa di sana-sini. Area yang sejak dulu menggunakan sistem irigasi tradisional ini hanya berjarak 1 jam dari Denpasar.

Untuk menikmati suasana, anda bisa mengayuh sepeda, melukis di art gallery hingga bersantai di cafe yang berada di sekitar Jatiluwih. Untuk memasuki area ini, anda tidak dikenakan biaya apapun. Namun, jika anda ingin menyeberangi jembatan – jembatan kecil diantara pematang sawah, biasanya anda diminta untuk memberikan sumbangan sukarela.

Aktivitas unik di Ubud: Area persawahan di Tegalalang, Ubud, Bali

Relaksasi spa outdoor

Bali menawarkan banyak kegiatan relaksasi yang jauh dari keramaian dan bisa ngilangin rasa penat anda. Selain itu, udara Bali yang masih segar bisa kamu nikmati dengan mengayuh sepeda, spa dan yoga. Tentunya relaksasi anda akan semakin lengkap dengan pemandangan indah dan suasana yang menenangkan, bukan?

Ubud menyediakan berbagai resort & retreat centers yang menyediakan spa dengan bermacam – macam panorama, seperti hutan, sawah hingga pantai. Nah, bagi anda yang ingin mencoba yoga untuk detox badan & pikiran, tersedia berbagai class & workshop yang disediakan oleh yoga centers seperti healing, breathwork, menari dan meditasi. Anda akan dipandu oleh guru yoga dari komunitas spiritual ketika proses yoga berlangsung. Liburan kamu tidak hanya seru tapi juga sehat!

Aktivitas unik di Ubud: Wisatawan asing sedang yoga di pura

 

BLOG BUTTON 2

Anda tertarik untuk merasakan pengalaman berbeda di Bali? Lihat koleksi aktivitas lainnya yang tak kalah menarik disini !

Tags:
No Comments

Post A Comment