Temukan Desa Gipsi Laut Di Pesisir Bintan - Vizitrip Blog
763
post-template-default,single,single-post,postid-763,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-content-sidebar-responsive,qode-theme-ver-13.5,qode-theme-bridge,wpb-js-composer js-comp-ver-5.4.5,vc_responsive

Temukan Desa Gipsi Laut Di Pesisir Bintan

Sudah pernah mendengar pulau Bintan sebelumnya? Pulau yang dijuluki sebagai Negeri Seganteng Lada ini merupakan surga yang benar – benar tersembunyi! Bintan tidak hanya memiliki keindahan pantai berpasir putih, namun juga wisata religi & budayanya. Yuk simak aktivitas di Bintan ala Vizitrip!

Mengunjungi desa gipsi laut

Gipsi laut atau juga disebut sebagai orang suku laut adalah kelompok masyarakat yang memiliki kebudayaan bahari. Banyak istilah yang berkembang bagi para pengembara laut yang tinggal di pesisir pantai Riau ini. Walaupun begitu, orang suku laut merupakan istilah yang paling populer. Nah, desa Panglong sendiri merupakan tempat tinggal bagi penduduk desa yang tinggal di rumah panggung ini. Keunikan desa yang terletak di bagian timur Bintan ini  terletak pada gaya hidup gipsi laut yang unik dan tradisional seperti membuat jaring ikan dan perahu.

desa gipsi laut: desa panglong Bintan

Mengunjungi kuil terpencil: Grotto Santa Maria

Terdapat sebuah kuil di sebelah selatan Bintan yang sangat unik. Jika Vizitors melihat lebih dekat, terdapat patung bunda Maria di dalam gua yang masih dikelilingi tanaman yang maish asri. Tidak hanya itu, terdapat patung – patung lain di bawah pohon yang dihiasi akar – akar pohon yang menjulur dan bunga bugenvil yang tentunya menambah kesan magis. Untuk menuju situs yang dibangun oleh seorang pendeta Belanda pada abad ke-18 ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pantai Trikora. Sampai saat ini, Gua Santa Maria digunakan sebagai tempat peribadatan. Setiap minggu, pendeta akan menyanyikan lagu pujian di kapel kecil yang terletak di pekarangan.

gretta santa maria di bintan

via tripadvisorsg

Menikmati pijat tradisional di sungai mangrove

Kurang afdol rasanya jika mengunjungi Bintan tanpa menikmati indahnya pulau – pulau berpasir putih. Namun, salah satu daya tarik Bintan adalah pemandangan sungai di sepanjang pesisir timur pantai Trikora. Nikmati spa di rumah kayu yang dikelilingi sungai di antara hutan mangrove. Cukup unik memang, spa yang mengusung eco resort ini menawarkan pijat tradisional di pondok bambu. Tidak hanya itu, setelah pijat tradisional, kamu akan mengikuti tur di sungai. Tentunya kamu akan menyaksikan biota khas mangrove di habitat aslinya.

mangrove bintan

hut di aroma river spa bintan

Menemukan surga tersembunyi yang sebenarnya: Pantai Trikora

Pantai Trikora adalah pesisir pantai yang terpisah sepanjang 25 km yang sangat menawan. Terpisah menjadi 4 bagian, setiap pantai ditandai dengan nomor 1 – 4 dari selatan ke utara. Keunikan pantai ini terletak pada ketenangan pantainya yang jarang dikunjungi wisatawan. Kamu akan melihat indahnya kombinasi pohon kelapa dan birunya air laut. Selain memancing, kamu dapat menikmati keindahan bawah laut Bintan dengan snorkelling maupun berenang. Eits, untuk menambah lengkapnya island life kamu, jangan lupa menginap di resort – resort kelas dunia ya!

pantai trikora bintan

Tags:
No Comments

Post A Comment